Termehek-mehek

Dalam hidup wajar jika merasakan yang namanya kesedihan. Walau memang bunda tipe orang yang apa aja selalu dibawa happy, tapi bisa tiba-tiba menangis loh.

Beberapa hal yang membuat bunda sedih :
1. Status bunda yang saat ini memang cuma ibu rumah tangga yang hanya mengurus anak, dan sedang mengalami kesulitan dalam financial, terkadang membuat bunda sedih karena tidak bisa memberi uang bulanan kepada nenek dan adik-adik bunda, yang dulu selalu bunda lakukan saat bunda masih bekerja. Kadang adik-adik bunda butuh uang tambahan untuk bayar sekolah, disaat itu bunda bisa menangis, karena tidak bisa membantu selain berdoa semoga selalu ada rejekinya untuk mereka, dan semoga keadaan financial bunda membaik.

2. Saat bunda kelepasan marah sama Adam. Duh sedih banget rasanya. Bunda kadang merasa menjadi ibu yang buruk, alhamdulilah sekarang sudah bisa mengontrol emosi, jadi bisa lebih tegas tanpa marah-marah yang tak jelas.

3. Keluar air mata karena terharu, di saat membutuhkan uang, ayah menjual jam tangan bunda. Tiba-tiba, ambu (kakak bunda) membelinya, dan memberikannya ke bunda. Ambu bilang, itu kan hadiah dari aldy (ayah), jadi jangan dijual y. 

4. Ketika bunda kehilangan hewan peliharaan, itu adalah momen Termehek-mehek yang paling berlebihan. 

Apalagi ya, yang pasti bunda akan mudah sedih ketika PMS, karena hormon yang bergejolak di dalam diri, sehingga emosi jadi campur aduk. Selebihnya, bunda memang bahagia dan selalu bersyukur dengan keadaan yang ada. Tidak pernah larut dalam kesedihan jangka panjang.

Ada empat fakta tentang air mata yang bunda dapat dari Veratamala, Arinda, https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/4-fakta-seputar-air-mata/amp/ [11 Januari 2020] :
1. Ada tiga jenis air mata, dengan fungsi yang berbeda-beda

Air mata emosi. Air mata emosi keluar karena adanya tekanan emosi. Air mata ini mengandung kadar zat pembuat stress yang tinggi, seperti adenokortikotropin (ACTH). Air mata ini dapat memberi sinyal emosi kepada orang lain.

Air mata basal. Air mata basal selalu ada di dalam mata karena air mata ini berfungsi untuk melembapkan, menutrisi, dan melindungi mata. Kelenjar lakrimal yang berada di sisi terluar bagian mata atas selalu memproduksi cairan yang mengandung protein dan antibakterial. Cairan ini mengalir dari bola mata bagian luar menuju kornea dan melumasi seluruh permukaan mata setiap kali kita berkedip.

Air mata refleks. Air mata refleks berfungsi untuk melindungi mata dari iritasi, seperti iritasi yang disebabkan oleh debu, asap, maupun bawang. Jadi saat Anda sedang mengupas bawang, air mata inilah yang keluar.

2. Air mata dapat mengurangi stress

Menangis adalah salah satu cara kita mengkomunikasikan perasaan yang sedang kita rasakan, selain juga untuk mengekspresikan emosi. Saat Anda sedang emosi atau stress, Anda akan menangis. Saat inilah air mata emosi Anda keluar. Setelah menangis, Anda akan merasa lebih tenang.

Namun, apa yang sebenarnya terjadi? Bagaimana air mata dapat membantu mengurangi stress?

Menangis dapat membantu membersihkan tubuh dari zat kimia yang berhubungan dengan stres. Inilah salah satu alasan mengapa kita merasa lebih baik ketika sudah menangis. Kadar adenokortikotropin (ACTH) yang tinggi ditemukan dalam air mata emosi. ACTH ini adalah zat kimia yang berhubungan dengan stress. Jadi jika Anda menangis saat sedang stress, Anda membantu mengeluarkan zat kimia penyebab stress tersebut sehingga perasaan Anda jauh lebih baik setelah menangis.

Mengeluarkan ACTH dari tubuh juga mempunyai manfaat lain, yaitu memicu tubuh untuk juga mengeluarkan kortisol (hormon stres). Terlalu banyak kortisol dalam tubuh dapat menyebabkan masalah kesehatan yang berhubungan dengan stress.

3. Kandungan dalam air mata

Air mata mempunyai sistem yang kompleks, terdiri dari tiga lapisan, yaitu lapisan minyak, air, dan mukus. Lapisan air adalah yang paling tebal dan mengandung elektrolit (seperti natrium dan kalium), protein (paling banyak dalam bentuk enzim), glukosa, dan zat lain. Banyaknya kandungan lemak pada lapisan minyak terluar berfungsi untuk memperlambat penguapan. Tetapi, komposisi spesifik dari air mata dapat berubah dari hari ke hari tergantung pada kesehatan dan kondisi Anda.


4. Air mata bisa mengalir masuk hidung

Air mata diproduksi sebagian besar oleh kelenjar lakrimal yang terletak tepat di atas sudut luar mata. Saat berkedip, sebenarnya Anda sedang melumasi mata Anda dengan air mata karena pada saat itu air mata menyebar di permukaan mata. Air mata mengalir ke lubang kecil di kelopak mata yang disebut puncta, dan jika produksi air mata berlebih, seperti pada saat menangis, air mata tersebut akan mengalir dari kelopak mata bawah menuju ke saluran pada rongga hidung, di mana Anda dapat menelannya ketika menangis, atau air mata tersebut dapat menjadi bagian dari cairan hidung. Inilah yang menyebabkan Anda merasa susah bernapas ketika Anda menangis.

Jadi ya begitulah, manusia pasti akan mengalami momen termehek-mehek nya sendiri, dan memang benar kadang setelah menangis, hati akan merasa lebih baik. Menangis juga kadang dilakukan oleh orang yang menyesali perilakunya.

Selalu harus diingat, menangis boleh tapi jangan terlarut dalam kesedihan. Ciptakanlah kebahagiaan 🤗 jangan lupa selalu bersyukur. 

Comments